Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total Mudah Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total Mudah Tanpa Ribet – Di era serba digital seperti sekarang ini, laptop bukan lagi menjadi barang mewah sebagaimana 10 tahun yang lalu. Dahulu laptop seolah menjadi simbol bagi kaum yang mapan, dengan laptop dijinjing kemana-mana menggunakan mobil. Sekarang di era Milenia, siapapun bisa membeli laptop. mulai dari pejabat, konglomerat, pengusaha, pelajar dan mahasiswa, hingga pedagang asongan di tepi jalan pun punya laptop.  Seiring kemajuan teknologi dan perangkat lunak  komputer, banyak pengguna laptop asal instal aplikasi apa saja tanpa perduli, apakah aplikasi yang terisntal tersebut benar-benar ia butuhkan atau tidak  untuk membantu pekerjaannya. Akhirnya, banyak laptop yang tiba-tiba hang, saat dinyalakan tidak ada respon hanya layar hitam, lemot/lambat bahkan crash.

Hal ini dapat terjadi  karena  laptop kamu kelebihan beban aplikasi, sementara  kamu tidak melihat kemampuan laptop kamu dalam menjalankan aplikasi yang terlanjut terinstal di laptop. Hal ini tentu saja mengganggu aktifitas kerja kamu, terlebih jika pekerjaan itu menuntut untuk segera diselesaikan. Betul ngga ? sebenarnya ada banyak penyebab mengapa hal ini dapat terjadi. Coba kamu analisa sendiri setelah baca penjelasan di bawah ini ;

 

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total Mudah Tanpa Ribet

  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstall

Hal ini menyebabkan kapasitas RAM di laptopmu berkurang, sehingga kemampuan laptop kamu dalam merespon perintah pun juga berkurang cepat. Semakin banyak software yang kamu install maka semakin banyak perintah yang dijalankan saat windows melakukan startup.

  • Memori Kurang

Besar-kecilnya memori atau RAM di laptop kamu, juga menjadi faktor penentu seberapa cepat laptop kamu bekerja, kalau semakin sedikit RAM nya, maka akan semakin lambat laptop kamu bekerja. Kalau kamu merasa laptop kamu hang, layar hitam, dan sebagainya disebabkan karena hal ini, maka kamu perlu cari tahu, berapakah minimal RAM yang harusnya terpasang dalam sebuah laptop. Misal, Untuk laptop dengan spesifikasi paling rendah seperti Windows XP umumnya processor yang digunakan Intel Pentium 4, dengan kapasitas RAM paling minimal 1 GB. Maka jika spesifikasinya lebih tinggi, otomatis kapasitas minimal RAM di laptop pun harus lebih besar lagi.

  • Harddisk yang bermasalah

Selain RAM, harddisk merupakan organ komputer terpenting yang bisa menyebabkan hang. Beberapa masalah yang umumnya terjadi  pada harddisk adalah low space, bad sector atau error, rpm menurun karena sudah lama, dan terfragmentasi. Untuk mengetahuinya baiknya kamu konsultasikan ke teknisi komputer.

  • Temporary file yang terlalu banyak di laptop

Temporary file, atau file sementara yang terlalu banyak, sedikit banyak juga turut mempengaruhi kinerja laptop kamu. Kok bisa?  Iya, karena file-file temporary tersebut secara otomatis tersimpan di dalam RAM, sehingga tentu saja mempengaruhi kecepatan laptop kamu dalam merespon perintah. Ada baiknya kamu cek sekaligus hapus temporary file di laptop kamu.  . Biasanya letak temporary file berada di dua lokasi, yakni di C:\WINDOWS\Temp dan C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp .

  • Hilangnya Files System  (corrupt)

Hilangnya File System biasanya terjadi akibat laptop kamu terinfeksi oleh virus, sehingga menyebabkan file system di laptop kamu hilang atau corrupt. Jika kamu merasa hang nya laptop kamu karena virus, ada baiknya kamu install ulang laptop kamu

  • Laptopmu terkena malware, virus, atau spyware

Tak hanya viruss, malware dalam laptop pun bisa membuat kinerja laptop kamu menjadi turun. Laptop yang terserang Malware biasanya sering mengalami hang sebab virus berusaha merusak system di dalam laptop.

Nah, itulah tadi beberapa menyebabkan laptop menjadi hang, layar hitam atau macet total. Untuk memperbaikinya, yuk ikuti cara mengatasi laptop hang macet total mudah berikut ini.

Baca Juga : Cara Merubah Ukuran Icon Shortcut Aplikasi Di Dekstop Laptop/Komputer

3 Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total Mudah Tanpa Ribet

  • Matikan Laptop Secara Paksa

Apabila laptop kamu sudah tidak bisa apa-apakan lagi, hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop kamu yang hang ialang dengan langsung mematikan atau melakukan hard shutdown laptop. Caranya sangat mudah. cukup kamu tekan tombol Power selama beberapa detik, hingga laptop kamu mati sendiri. Selang beberapa saat, laptop kamu sudah bisa dihidupkan kembali.

Selain menekan tombol Power, kamu  juga bisa mematikan paksa laptop kamu yang macet total, dengan menekan tooth di keyboard laptop  CTRL, ALT dan DEL secara berbarengan. Setelah itu akan muncul beberapa piliihan pilihan perintah, segera kamu pilih Shutdown untuk mematikannya

  • Tutup Aplikasi menggunakan Task Manager

Bila ternyata penyebab hang di laptopmu dikarenakan salah satu software, maka kamu harus menutup program software tersebut menggunakan task manager. Cara yang paling mudahnya adalah dengan menggunakan keyboard di laptopmu, tekanlah tiga tombol ini secara bersamaan, CTRL, ALT dan Del. Kemudian akan muncul dilayar laptop mu Task Manager. Cukup kamu klik  software atau program mana yang mau kamu tutup kemudian klik opsi End Task yang terdapat di bagian bawah tampilan pada layar.

  • Menutup Sebuah Program

untuk menutup program yang menyebabkan laptop kamu hang ialah dengan menekan dua tombol di keyboard mu, yakni tombol Alt dan F4 berbarengan. Hal semacam ini dapat kamu lakukan jika kursor atau mouse di laptopmu sudah tidak bisa digerakkan sama sekali. Jika kursor/mouse masih bisa berfungsi, langsung saja kamu klik tanda silang yang ada di posisi kanan atas pada setiap program.

Baca Juga : Cara Mendownload Aplikasi Android APK Di Play Store Pada Laptop Dan Komputer

 

Disamping cara-cara tersebut diatas,kamu juga bisa melakukan cara-cara lain sebagai berikut :

1. Apabila hang di laptopmu dikarenakan masalah pada hardisk, maka sebaiknya kamu segera upgrade kapasitas hardiskmu. Atau sebelum mengupgrade hardisk, kamu bisa  melakukan defragment secara rutin pada hardisk, dan hindari pula dari menaruh laptop pada posisi yang mudah tergoncang, terkena debu dan panas yang berlebihan.

2. Atau kamu juga bisa  melakukan pengaturan dengan cara membuka Windows Explorer kemudian kamu klik kanan pada bagian hardisk, kemudian  pilih Properties, lalu Tools kemudian  pilih Check Now. Lanjutkan dengan memberi centang pada opsi Scan for and attempt recovery of bad sector

3. Apabila layar hitam, hang, dan macet total di laptopmu  akibat dari banyaknya temporary file, maka delete atau hapuslah file yang ada di dua lokasi yang sudah kami  sebutkan di atas tadi. Setelah itu kamu bersihkan temporary file tadi  dengan klik menu Start lalu pilih Run kemudian ketik cleanmgr, setelah itu kamu tinggal pilih mana drive yang akan dibersihkan.

Baca Juga :

Mungkin itu saja yang bisa kami ulas dan kami sampaikan untuk kalian semua tentang Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total Mudah Tanpa Ribet, mudah-mudahan cara yang sudah kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kalian – gambarponsel.com

Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total Mudah Tanpa Ribet | admin2 | 4.5