Cara Mengunci Control Panel dengan Password di Windows

Cara Mengunci Control Panel dengan Password di Windows  –  Control Panel dalam komputer atau laptop kamu berfungsi sebagai user interface atau antar muka utama untuk melakukan perubahan konfigurasi pada system komputer dan laptop kamu. Dengan adanya fasilitas control panel ini, kamu dapat melakukan berbagai perubahan settingan komputer seperti menghapus program yang terinstal, memberikan password di windows, dan beragam fungsi lainnya yang juga akan kita ulas pada artikel kali ini.

Kalau kamu sendiri yang melakukan perubahan settingan di komputer anda sendiri, mungkin tidak akan ada masalah. Namun bagaimana jika orang lain yang melakukan perubahan settingan pada pc mu, atau bagaimana jika komputer kamu diberikan password pada user account, sehingga kamu tidak bisa masuk ke komputer kamu sendiri, atau bisa saja orang lain menguninstall software yang kamu butuhkan di windows 7, kalau begini keadaannya,  pasti akan  pusing dibuatnya.

Nah oleh sebab itu, untuk menghindari resiko itu, kamu bisa menyembunyikan atau tidak menfungsilkan control panel di laptop kamu. Namun sebelum itu, yuk kita bahas dahulu apa saja kegunaan Control Panel buat kamu yang belum tahu.

Baca juga Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Software

Sejatinya control panel berfungsi untuk merubah aksesibilitas, menambahkan hardware, menghapus software yang terinstal, melakukan konfigurasi, mengatur software, dan mengendalikan akun pengguna. Setiap fungsi memiliki menunya masing-masing. Kemudian, fungsi lebih lengkapnya sebagai berikut.

1. Network dan Internet

Berfungsi untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan jaringan dan internet. Mulai dari network and sharing center, internet options, dan home group.

2. System Security

Fungsinya adalah untuk mengatur segala aspek keamanan komputer, dan administrasi, dan sistem pada komputer kamu. Ada banyak bagian kategorinya,  action center, system, windows firewall, windows update, dan backup and store.

3. Programs

Menu ini berfungsi untuk mengatur seluruh aplikasi yang ada di komputer kamu. Ketika ada aplikasi yang kamu rasa kurang kegunaannya atau jarang sekali kamu gunakan, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut melalui menu Program ini. Berbagai menu atau kategorinya ada Program dan Feature, program bawaan atau Default Programs.

4. Hardware and Sound

Menu ini berfungsi untuk melakukan berbagai pengaturan yang berkaitan dengan perangkat lain yang terhubung dengan komputer kamu, misalnya printer, microphone, headphone, dan lain sebagainya. Sub-Menunya terdiri atas Devices and Printers, Sound, Auto Play, Display, dan Power Options.

5. User Accounts and Family Safety

Menu ini berfungsi mengatur akun User atau identitas pemilik sekaligus melakukan berbagai personalisasi sesuai kebutuhan penggunanya. Kategorinya ada User Account, dan Parental Controls.

6. Clock, Language and Region

Bila settingan waktu dikomputermu perlu di kalibrasi, maka kamu bisa menggunakan menu ini untuk melakukan pengaturan terkait waktu, dan bahasa yang ingin kamu gunakan dalam komputer.selain itu kamu juga bisa mensetting  mata uang yang kamu gunakan, angka, dan lain sebagainya. Kategori-kategorinya ada Date and Time, dan Region and Language.

7. Appearance and Personalization

Ketika kamu merasa bosan dengan wallpaper atau screen saver di komputer kamu, kamu bisa dengan mudah mengubahnya melalui menu ini. Secara umum menu ini digunakan untuk mengubah tampilan segala hal yang ada di desktop komputermu, seperti screen saver, tema, atau wallpaper. Kategorinya ada Display, Personalization, Desktop Gadget, Folder Options, dan Fonts.

8. Ease of Access Center

Dan yang terakhir, Ease of Access Center. Menu ini digunakan untuk mengatur berbagai hal dalam komputer kamu yang berkaitan dengan panca indera manusia misalnya mobilitas, pendengaran, dan penglihatan.

Nah, saat ini kamu sedikit banyak sudah tahu apa saja fungsi dari Control Panel itu. Sekarang kita kembali ke poin bahasan kita tentan cara mengunci Control Panel. Control Panel yang tidak dikunci sangat mudah sekali digunakan dan diakses siapa saja. Sehingga sangat mungkin ada orang yang mengubah pengaturannya sehingga kita tidak dapat masuk. Oleh sebab itu lebih aman kalau kamu kunci saja Control Panel nya. Caranya pun sangat mudah, berikut ini kami uraikan cara untuk untuk mengunci Control Panel di Windows 7 dan Windows XP.

Cara Mengunci Control Panel untuk Windows 7

Ada dua cara mengunci Control Panel OS Win 7, ikuti dengan seksama langkah-langkah berikut ini

  1. Pertama, dengan melakukan setting Registry
  2.  Silahkan kamu Klik Start kemudian ketik Regedit
  3. Di dalam jendela registry silahkan kamu ketik  HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer
  4. Kemudian kamu Klik kanan pada pilihan tersebut selanjutnya pilih Create a New DWORD (32-bit) Value.
  5. Kamu bisa membuat nama valuenya sesuai dengan keinginan kamu. Bila sudah,  klik kanan pada nama tersebut. Kemudian klik Modify. Isilah jumlah value dengan angka 1, Bila dikemudian hari, kamu ingin membuka kunci control panelnya kembali, maka angka 1 itu tinggal kamu ubah menjadi 0.
  6. Langkah terakhir adalah Restart komputer kamu. Saat sudah menyala kembali, Control Panel di komputermu sudah terkunci.

Cara Mengunci Control Panel Di Komputer

  1. Silahkan kamu Klik Start kemudian ketik msc untuk mencarinya lalu tekan Enter.
  2. Berikutnya kamu akan melihat jendela bertuliskan Group Policy Editor, kamu arahkan kursor ke bagian User Configurations/ Administrative Templates kemudian pilih Control Panel.
  3. berikutnya klik dua kali di Prohibit Access to The Control Panel.
  4. Kemudian akan muncul jendela lagi, lalu kamu pilih Enable dan OK. Lalu tutup Group Policy Editor Local.
  5. bila sudah selesai maka Control Panel secara otomatis tidak akan terlihat di Start. Bila ada yang  berusaha mencarinya akan muncul pop up  larangan.

Cara mengunci Contol Panel untuk Windows XP

Sama seperti halnya Windows 7, cara mengunci Control Panel Pada Windows XP pun ada dua cara.

cara pertamanya sebagai berikut.

  1. Silahkan kamu Klik Start selanjutnya pilih menu
  2. Kemudian kamu ketik msc klik OK.
  3. Kini muncul menu Group Policy Editor, silahkan kamu pilih menu tersebut lantas kamu pilih User Configuration kemudian  pilih Administrative Settings lalu pilih Control Panel.
  4.  Kini muncul jendela rinciannya, kamu klik poin Prohibit access to the Control Panel  dua kali.
  5. Terakhir, kamu pilih Enable. Selesai. Bila dikemudian hari, kamu ingin membuka kunci Control Panel, lakukan langkah-langkah seperti diatas, kemudian ganti Enable menjadi Disable.

Cara kedua lebih mudah, lebih mudah lagi :.

  1. Silahkan Klik Start lalu kamu pilih menu Run kemudian ketik Regedit
  2. Kemudian kamu masuk ke sub key HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}\InProcServer32 .
  3. Pada bagian Data String [(Default)] silahkan kamu ganti isi shell32.dll menjadi shell32.dll-.
  4. Restart komputer. Saat komputer menyala kembali Control Panel sudah tidak terlihat lagi.
  5. Bila dikemudian hari kamu ingin mengembalikan Control Panel jadi terlihat kembali, kamu cukup  ubah dengan menghilangkan tanda minus di ‘shell32.dll’

Baca juga :

  1. Ini Manfaat Beberapa Internet Dalam Berbagai Aspek Kehidupan
  2. Cara Instal Aplikasi Android Dari PC Komputer

Bagaimana. Mudah bukan? Kamu tidak perlu menggunakan password untuk dapat mengunci Control Panel. Hanya seperti itu saja tutorial cara mengunci Control Panel di komputer yang dapat kamu lakukan di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows XP. Selamat mencoba. – gambarponsel.com

Cara Mengunci Control Panel dengan Password di Windows | admin2 | 4.5